Kamis, 13 Juni 2013

Kanker Paru Pada Manusia Apakah Tidak Terkait Dengan Lifetime Total Konsumsi Alkohol Atau Dengan Variasi Genetik Dalam Alkohol Dehidrogenase 3(ADH3)


Lung Cancer in Humans Is Not Associated with Lifetime Total Alcohol Consumption or with Genetic Variation in Alcohol Dehydrogenase 3 (ADH3)


1. Jo L. Freudenheim
2. Malathi Ram
3. Jing Nie
4. Paola Muti
5. Maurizio Trevisan
6. Peter G. Shields
7. Elisa V. Bandera
8. Lucy A Campbell
9. Susan E. McCann
10. Holger J. Schunemann
11. Anne Marie Carosella
12. Dominica Vito
13. Marcia Russell
14. Thomas H. Nochajski
15. Radoslav Goldman


Abstrak

Meskipun ada bukti yang jelas bahwa merokok merupakan faktor risiko utama untuk kanker paru-paru, tidak semua variasi dalam resiko penyakit dipahami. Ada beberapa bukti bahwa alkohol dapat menyebabkan risiko. Kami meneliti seumur hidup dan baru-baru ini (12-24 mo sebelumnya) konsumsi alkohol dalam hubungannya dengan risiko kanker paru-paru dalam studi kasus-kontrol di bagian barat New York. Selain itu kami meneliti alkohol dehidrogenase 3 (ADH3) genotipe dalam hubungannya dengan risiko kanker paru-paru, ADH3 adalah tingkat membatasi dalam metabolisme alkohol dan memiliki polimorfisme fungsional. Kami mewawancarai insiden, primer, histologi dikonfirmasi kasus kanker paru-paru (n = 111) di dua kabupaten. Kontrol dipilih secara acak dari antara mereka yang berada di kabupaten, frekuensi-cocok untuk kasus untuk usia dan ras (n = 1.546). Lifetime dan jumlah alkohol terakhir dan minuman khusus konsumsi alkohol serta pembaur yang relevan dinilai dengan wawancara. ADH3 genotipe dievaluasi oleh PCR-fragmen restriksi panjang uji polimorfisme. Karena ukuran sampel yang kecil, kekuasaan terbatas dan CI yang lebar. Sisa pembaur oleh merokok masih menjadi perhatian. Meskipun kami menemukan kecenderungan yang signifikan untuk peningkatan risiko untuk konsumsi bir di periode terakhir (rasio odds 1,67, 95% CI 0,96-2,92, P untuk trend = 0,05), kesempatan tidak dapat dikesampingkan sebagai penjelasan. Kami tidak menemukan bukti risiko yang berhubungan dengan konsumsi alkohol seumur hidup atau bukti bahwa alkohol dehidrogenase genotipe memodifikasi risiko yang berhubungan dengan alkohol dan kanker paru-paru.
(Eva Sriwahyu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar